10 Ribu Orang Terdampak Banjir di Babel

banjir-_babel

foto : republika

KanalMahasiswa.Com – Sebanyak 10 ribu orang terdampak banjr di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hal ini diungkap oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi. Rustam juga mengatakan korban banjir di Kota Pangkalpinang saja yang sudah terdata mencapai 4.244 orang tersebar di 13 titik tempat penampungan.

“Satu dari 4.200 korban banjir meninggal karena terseret arus,” kata Rustam Effendi usai rapat koordinasi penanganan korban banjir di Pangkalpinang, seperti dikutip oleh Rimanews.

Rustam menjelaskan Kota Pangkalpinang merupakan yang menjadi daerah terdampak banjir terparah, karena ketinggian air mencapai 1,5 hingga dua meter dan hampir merendam seluruh ibu kota Provinsi Babel itu.

“Banjir ini tidak hanya terjadi di Kota Pangkalpinang, tetapi juga terjadi di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Bangka Selatan,” kata Rustam.

Rustam mengatakan jumlah personel gabungan yang dilibatkan untuk mengevakuasi korban banjir sebanyak 700 orang terdiri dari personel Polri, TNI, BPBD, Tagana dan organisasi masyarakat. “Saat ini kita belum menerima korban banjir di tiga kabupaten, namun demikian diperkirakan korban banjir mencapai 10 ribu orang,” ujarnya.

Masyarakat diminta untuk tetap waspada karena masih ada potensi banjir yang lebih besar lagi, mengingat potensi hujan lebat akan kembali menguyur daerah ini.

“Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG puncak musim hujan akan terjadi akhir bulan ini, sehingga bencana banjir berpeluang terjadi kembali,” tandas Gubernur.

Banjir di Kota Pangkalpinang terjadi pada Senin (8/2) hingga Selasa (9/2) meredam kawasan pusat perekonomian dan pemukiman penduduk di kota itu, sehingga seluruh aktivitas warga terkena banjir terhenti total.

 

 

Tags: