5 Mahasiwa UGM Mengembangkan Plastik Go Green dari Biji Durian

plastik-go-green-dari-biji-durian-xCCf9gMDoD

KanalMahasiswa.com – Lima mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengaryakan biji durian menjadi bio plastik go green. Kelima mahasiswa tersebut adalah Fajar Bayu Prakoso, Andika Cahya Widyananda, Annisa Fakhriyah Rofi, Dyah Ayu Permatasari Tedjo Pradipto, dan Adiyat yang.

Karya tersebut berawal dari kekhawatiran penggunaan kantong plastik dari bahan tak terurai yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Belum lama ini juga, demi mengurangi penggunaan plastik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan kebijakan plastik berbayar di sejumlah ritel se-Indonesia.

“Kami mulai meneliti sejak 2014 lalu dan selesai awal 2016 ini. Nah serangkaian penelitian mendapatkan bahwa biji durian memiliki kandungan pati yang tinggi. Pati biji durian tersebut bisa jadi pengisi pada campuran agar kerapatan bio plastik semakin kuat,” ungkap Fajar Bayu di laboratorium teknik polimer FT UGM, seperti dilansir Kedaulatan Rakyat, Sabtu (12/3).

Proses pembuatan bio plastik biji durian memerlukan waktu sekitar lima hari. Dua hingga tiga hari digunakan untuk merendam di air kapur, kemudian sisanya untuk penjemuran dan penghalusan biji.

“Nah tepung nanti disaring 30 menit agar kadar airnya hilang. Setelah itu ditambahkan bahan kimia seperti Low Density Polythylene (LDPE), Maleic Anhydride (MA) dan inisiator Perbutyl D dan Perbutyl Z,” jelasnya.

Dalam percobaan, 50 gram campuran tersebut bisa digunakan untuk memproduksi empat lembar plastik dengan ukuran 13 x 13 cm. Plastik tersebut juga coba ditanamkan di media tanah kompos dan bisa terdegradasi atau terurai dalam waktu dua bulan.

 




Tags: