7 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kamu Menjadi Sarjana

Sumber : Google.com

Menjadi sarjana tentu keinginan setiap mahasiswa. Pahit getirnya perjalanan untuk mendapatkan gelar ini akan diarungi. Dosen pembimbing paling killer yang dihindari selama kuliah pun siap dihadapi. Tapi tahukah kamu ketika melepas gelar mahasiswa dan mendapat gelar sarjana bukan akhir dari perjuangan. Tidak sedikit setelah gelar sarjana didapat galau melanda karena merasakan tantangan dunia sebenarnya pasca kampus.

Agar bisa melepas titel mahasiswa dan jadi sarjana tanpa galau kamu harus persiapkan setidaknya tujuh hal berikut,

Pertama adalah visi yang jelas. Hendaknya visi itu sudah ada ketika masuk dunia kuliah dan makin jelas seiring dengan makin matangnya kita di dunia kuliah. Visi maknanya adalah tujuan kita atau cita-cita. Visi sebaiknya harus sesuai dengan karakter pribadi kita.

Selanjutnya harus memiliki misi. Misi artinya adalah tugas yang diembankan pada kita berdasarkan tujuan yg sudah ditetapkan. Selayanknya misi harus sejalan dengan visi.

Persiapan ketiga adalah matang secara Mental. Memperoleh gelar sarjana artinya siap menjalani hidup sebagai manusia seutuhnya. Kita harus siap menghadapi segala macam tantangan seorang diri. Bertanggung jawab atas apapun apa pilihan dan segala konsekuensi atas pilihan yang kita ambil.

Pengalaman. Masa kuliah adalah masa mencoba banyak hal baru. Pengalaman tidak hanya yang kita dapat dibangku kuliah. Namun, hendaknya mencoba berbagai kegiatan mulai dari yang sudah biasa dilakukan mahasiswa sampai ke yang anti mainstream. Diharapkan dari pengalaman membuat kita makin cerdas di kehidupan pasca sarjana. Berkontribusi dalam berbagai kegiatan direkomendasi adalah keharusan sebelu menjadi seorang sarjana.

Networking atau jaringan. Posisi mahasiswa adalah posisi yg cukup mudah untuk memperbesar jaringan. Pengalaman yang banyak akan membuat jaringan pun semakin luas. Jaringan luas memudahkan kita menghadapi tantangan setelah sarjana. Cara paling mudah meluaskan jaringan adalah sering-sering silaturahim. Selain meluaskan jaringan juga mempermudah rejeki.

Life skill. Pendidikan Indonesia kebanyakan masih fokus penjejalan knowledge. Padahal sejatinya yang paling dibutuh setelah gelar sarjana diraih adalah skill. Untuk itu sebelum mengejar sarjana perbanyaklah melatih life skill sebegai bekal kehidupan setelah sarjana.

Grit atau daya juang. Di antara ketujuh hal tersebut Grit adalah persiapan terpenting yang harus disiapkan. Daya juang yang tinggilah yang membuat kita layak dan patas menyandang gelar sarjana. Para sarjanawan yang hebat adalah para mahasiswa yang sudah teruji daya juangnya sehingga mampu mengejar langkah sukses yang pastinya lebih sulit setelah gelar sarjana kita sandang.