Akreditasi UNJ Turun, Mahasiswa: Kenapa?

WhatsApp Image 2018-01-04 at 20.08.02

Akreditasi adalah sebuah parameter yang dilakukan oleh pemerintah untuk menentukan kualitas suatu lembaga pendidikan. Berdasarkan banpt.or.id, Universitas Negeri Jakarta mengalami penurunan, dari akreditasi A menjadi akreditasi B.

Pada 10 Juli 2015, UNJ telah ditetapkan berakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dalam surat keputusan BAN-PT tersebut, dinyatakan bahwa akreditasi A untuk UNJ berlaku hingga lima tahun dari waktu penetapan.

Muncul berbagai pertanyaan dari berbagai civitas akademik UNJ. Apakah yang menjadi landasan yang menyebabkan akreditasi UNJ turun? Apakah hal ini berkaitan dengan kasus-kasus yang terjadi di UNJ beberapa waktu lalu? Namun, hal ini menjadi tidak rasional apabila dosa oknum akhirnya dikenakan kepada institusi resmi.

Adapun standar penilaian akreditasi perguruan tinggi, di antaranya sebagai berikut:
1. Jumlah tenaga pengajar.
2. Kurikulum setiap program studi.
3.Koordinasi pelaksanaan pendidikan, termasuk fasilitasnya.
4. Kondisi Mahasiswa.
5. Kesiapan administrasi, kepegawaian, keuangan dan lain-lain.

Belum genap 5 tahun penetapan akreditasi A untuk UNJ, namun telah terjadi penurunan. Hal ini cukup menimbulkan kebingungan di kalangan mahasiswa UNJ. Masih menjadi pertanyaan, apakah yang menjadi landasan akreditasi UNJ diturunkan? (mr)

Tags: