Anak Muda Karawang Gelar Karawang Education Fair 2018

WhatsApp Image 2018-01-23 at 07.25.33

 

Berawal dari kegelisahan dan hasil obrolan di warung kopi, sekelompok mahasiswa dari kota yang dikenal sebagai kota lumbung padi menggelar gerakan peduli melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi untuk siswa SMA/sederajat. Dengan slogan “Karawang Berdikari” Karawang Education Fair (KEF) membawa harapan untuk kemajuan pendidikan di Karawang yang lebih baik lagi.

Diperoleh data bahwa dari sekitar 19.870 lulusan SMA/sederajat di Karawang, yang melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta hanya mencapai 3.174 orang. Ini menunjukan bahwa tingkat pendidikan di Karawang masih tergolong rendah. Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan lebih dari 10.000 lulusan SMA tersebut tidak dapat melanjutkan kuliah, yang paling besar dikarenakan masalah ekonomi keluarga.

Sesuai Amanat KEPRES No.53 Tahun 1989 Tentang Pembangunan Kawasan Industri, saat ini Karawang sedang disiapkan menjadi kota industri. Yang menjadi persoalan adalah masyarakat daerah Karawang masih belum bisa berjaya di tempat tinggalnya sendiri. Faktornya, sebagian besar penduduk masih belum mempunyai keahlian dan pendidikan yang mencukupi untuk memenuhi standar kebutuhan perusahaan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Karawang menyebutkan bahwa ada sekitar 141.345 penduduk Karawang yang berstatus pengangguran. Dan yang jadi persoalan, dari data hanya ada 40% dari 316.000 penduduk Karawang yang bekerja pada perusahaan yang ada di daerahnya.

Hadirnya KEF menjadi salah satu sarana bagi siswa SMA/sederajat khususnya kelas XII untuk menambah informasi tentang dunia perkuliahan. Tujuan penyelenggaraan KEF tak lain agar siswa-siswi SMA/sederajat setelah lulus bisa melanjutkan kuliah dan menaikan taraf pendidikan di Karawang, sehingga penduduk Karawang dapat berjaya di kotanya sendiri.

Adapun rangkaian acaranya adalah Try Out SBMPTN untuk melatih kemampuan akademis para siswa, Seminar Motivasi dan Inspirasi yang disediakan untuk menambah minat para siswa dan agar tergugah semangatnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Serta tentunya Kampus Expo dimana siswa/i bisa secara langsung bertanya kepada mahasiswa yang sedang berkuliah di berbagai kampus yang ada di Indonesia.

21 Januari 2018 kemarin menjadi pergelaran KEF yang ke 6 kalinya. Setelah sebelumnya terlaksana untuk pertama kali pada awal tahun 2013 dengan Andry mahasiswa asal Karawang yang berkuliah di daerah Bandung menjadi Ketua Pelaksana. Pada awal digelarnya KEF baru ada beberapa kampus yang ikut serta untuk mesosialisasikan apa saja yang ada di kampusnya, bagaimana cara masuknya, dan sampai beasiswa yang ada. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 20 perkumpulan mahasiswa Karawang yang ada di tiap kampus sudah berbagi pengalamannya di Karawang Education Fair. (gtn)