Awal 2016, 166 Kabupaten /Kota Terdampak Bencana

awal 2016, 166 Kabupaten / Kota Terdampak BencanaKanalMahasiswa.Com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baru saja merilis data bencana selama kurun Januari hingga awal Februari 2916. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, terdapat 166 kabupaten/kota terdampak banjir dan tanah longsor. Data ini meliputi 103 kabupaten/kota terdampak banjir dan 63 kabupaten/kota terdampak tanah longsor.

Sutopo juga menuturkan BNPB mencatat, korban meninggal akibat banjir dan tanah longsor sebanyak 43 orang, luka berat sebanyak 6 orang, dan luka sedang sebanyak 5 orang.

“Kerugian akibat banjir dan tanah longsor ini antara lain sebanyak 418 unit rumah rusak berat, 76 unit rumah rusak sedang, dan 488 unit rumah rusak ringan,” ujarnya saat menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta sebagaimana dikutip oleh Pikiran Rakyat.

Dalam konferensi yang mengangkat topik seputar penanganan banjir dan longsor itu, Sutopo menjelaskan, adanya pengaruh El Nino menyebabkan jumlah hujan berkurang.

Dikatakan, hujan pada Januari yang lebih kecil menyebabkan kejadian banjir dan longsor pada Januari 2016 menurun dibandingkan dengan Januari 2015, mundurnya musim hujan menyebabkan puncak musim hujan terjadi pada Februari 2016.

“Kita perkirakan hingga Februari 2016 banjir dan longsor masih tetap mengancam,” katanya.

 

 

Tags: