Beasiswa Buat Kamu Anak Muda Jakarta

Sumber Gambar: Google

Sumber Gambar: Google

 

Jakarta sebagai ibukota harus menjadi contoh dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satu upayanya adalah dengan dengan program beasiswa. Beasiswa menjadi sarana untuk meningkatkan dan meratakan pendidikan di Indonesia. Jika dilihat dari fenomena yang terjadi saat ini banyak masyarakat Indonesia khususnya Jakarta beralasan tak melanjutkan kuliah atau pendidikan karena tidak mempunyai dana. Maka dibuatlah program beasiswa untuk masyarakat Jakarta yaitu Beasiswa Jakarta, yang dikelola oleh Yayasan Beasiswa Jakarta.

Beasiswa Jakarta ini diberikan khusus untuk para pelajar yang bertempat tinggal di wilayah DKI Jakarta dan juga berkuliah di DKI Jakarta. Maka dari itu syarat utamanya untuk menerima beasiswa ini adalah mempunyai KTP DKI Jakarta. Yayasan Beasiswa Jakarta awal mulanya didirikan oleh DR. H. Sutiyoso, DR. Ing. H. Fauzi Bowo, Dra. Hj. Ny. Rohana Manggala, M.Si, Drs. H. Moch. Natsir, MM dan juga dr. H. Ritola Tasmaya. Dilatarbelakangi oleh  keluarnya Peraturan Dewan Perwakilan Kota Sementara Jakarta Raya pada tanggal 18 Januari 1952 hingga melalui serangkaian proses revisi maka bentuk akhirnya adalah PERDA DKI Jakarta No 10 Tahun 1994 mengenai Pemberian Beasiswa kepada Para Pelajar dan Mahasiswa Warga DKI Jakarta. Peraturan Daerah ini dinyatakan dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No 425.31-024 tanggal 8 Januari 1996.

Anggaran tiap periode mengalami penambahan dan pengurangan, namun pada umumnya telah mencapai angka lebih dari 16 Miliar pada periode sebelumnya. Kabar baikny adalah, untuk periode ini mengalami terjadi penambahan anggaran, maka untuk para pelajar dan mahasiswa mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan beasiswa ini.

Namun, penerima tidak bisa menggunakan dana untuk segala hal. Sama halnya dengan beasiswa-beasiswa pada umumnya, terdapat beberapa kewajiban yang harus dilakukan para penerima beasiswa, seperti melaporkan dan mendata ulang penggunaan dana serta melaporan keterangan kelulusan kepada Yayasan. Pembukaan rekrutmen calon beswan dimulai pada rentang bulan Juli – September setiap tahunnya. Untuk persyaratan dan info lengkapnya silahkan ikuti pendaftaran melalui situs resmi http://www.beasiswajakarta.com

Rate this article!