BEASISWA EKSAKTA, ASA BARU UNTUK MAHASISWA FMIPA UNJ

WhatsApp Image 2018-01-09 at 16.29.13

 

Departemen Kesejahteraan Mahasiswa dan Lingkungan Hidup (Kesmalingdup) BEM FMIPA UNJ 2016 menemukan bahwa terdapat puluhan mahasiswa FMIPA UNJ yang mengalami kesulitan dalam membayar UKT di tiap semester. Di tahun yang sama, beasiswa PPA/BBM dihapuskan mengakibatkan semakin sedikit beasiswa internal kampus yang tersedia. Hal ini akhirnya melatarbelakangi anggota Departemen Kesmalingdup untuk menciptakan wadah baru dalam menyediakan beasiswa untuk mahasiswa FMIPA UNJ.

November 2016, Departemen Kesmalingdup menyebarkan angket tentang kebutuhan mahasiswa FMIPA UNJ terhadap beasiswa. Angket ini kemudian menjadi bahan yang diajukan ke Dekanat FMIPA UNJ dan dipresentasikan oleh Endra Pratama (Kepala Departemen Kesmalingdup) dan Mohammad Hafizh (Ketua BEM FMIPA 2016). Dari presentasi ini, Dekanat FMIPA menyetujui terbentuknya program ini, yang kemudian diberi nama Beasiswa Eksakta.

Beasiswa Eksakta menjadi program keluaran BEM FMIPA UNJ 2016 yang berkelanjutan. Pengadaan dana dimulai dari pengumpulan donasi dari berbagai pihak, baik dari mahasiswa yang masih aktif maupun alumni. Pengadaan dana dalam bentuk donasi ini sudah berjalan sepanjang 2017. Hingga akhirnya Beasiswa Eksakta siap dirilis dan dibuka pendaftaran untuk calon beswan pada 5-12 Januari 2018.

Pihak yang aktif memberikan donasi tiap bulan dengan nominal tertentu disebut Donatur Tetap, dan pihak yang memberikan donasi dengan waktu dan nominal yang tidak ditentukan disebut Donatur Relawan. Dalam Beasiswa Eksakta, terdapat program Orangtua Asuh, yaitu pemberi beasiswa hanya untuk satu mahasiswa yang kemudian disebut Anak Asuh. Selain itu ada relawan yang membantu dalam mencari dana ke perusahaan atau instansi yang disebut Volunteer Fundraising.

Beasiswa Eksakta menawarkan dua jenis beasiswa, Anak Asuh dan Beswan Reguler. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anak Asuh adalah beswan yang beasiswanya diberikan langsung oleh Orangtua Asuh. Selain beasiswa, Anak Asuh juga bisa mendapatkan fasilitas tambahan, seperti biaya untuk buku atau biaya indekos. Jumlah beasiswa atau fasilitas tersebut sesuai kesepakatan antara Orangtua Asuh dan Pihak Beasiswa Eksakta. Beasiswa lainnya, yaitu Beswan Reguler, mendapatkan beasiswa Rp1.200.000,- per semester.

Jumlah Anak Asuh yang diterima bergantung dengan perkembangan jumlah Orangtua Asuh. Sehingga waktu pendaftarannya tentatif. Persyaratan untuk menjadi Anak Asuh juga bergantung dari kriteria yang diinginkan Orangtua Asuh dengan disepakati bersama pihak Beasiswa Eksakta. Sedangkan waktu pendaftaran dan persyaratan Beswan Reguler sudah ditentukan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Beasiswa Eksakta, bisa mengikuti akun media sosialnya di Instagram dengan nama akun akun beasiswaeksakta, atau di Facebook dengan nama akun Beasiswa Eksakta, juga kunjungi website Beasiswa Eksakta FMIPA UNJ di www.beasiswaeksaktafmipaunj.blogspot.co.id, serta intip video profil Beasiswa Eksakta di link http://youtube.com/watch?v=RJKJTN9Hyaw.

Beasiswa Eksakta hadir sebagai wadah bagi masyarakat FMIPA UNJ, termasuk alumni dan orangtua mahasiswa, untuk meningkatkan rasa kekeluargaan, bahwa ketidakmampuan saudara kita adalah tanggung jawab bersama. Diharapkan dengan adanya beasiswa ini dapat menjawab permasalahan mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar UKT. Bersama Beasiswa Eksakta, Menggapai Cita Setinggi Angkasa. (ma)