Calon Mahasiswa PTN, Bersiaplah Menghadapi SNMPTN 2018!

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN merupakan salah satu seleksi calon mahasiswa dengan menelurusi prestasi akademik yang dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi pusat. SNMPTN bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat yang memiliki prestasi unggul, baik di bidang akademik maupun non akademik untuk menempuh pendidikan tinggi di PTN yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Terdapat 85 universitas diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Bandung, ISBI Bandung, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan UPN Jakarta.

Persyaratan SNMPTN bagi sekolah adalah sekolah memiliki NPSN (Nomer Pokok Sekolah Nasional) dan mengisi PDSS. Persyaratan lainnya adalah pendaftar memiliki prestasi unggul di sekolah dengan ketetapan berdasarkan akreditasi sekolah, memiliki NISN dan terdaftar di PDSS, Memiliki nilai rapot semester 1 sampai 5 (bagi sekolah tiga tahun) atau nilai rapot semester 1 sampai 7 (bagi sekolah empat tahun).

Tahapan mengikuti SNMPTN terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama adalah penginputan nilai oleh sekolah di laman (http://pdss.snmptn.ac.id) dan verifikasi nilai oleh siswa dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh sekolah. Tahap Kedua adalah pemeringkatan oleh panitia pusat melalui sistem yang dilakukan untuk memenuhi syarat diizinkannya siswa mendaftar SNMPTN 2018. Tahap ketiga, siswa yang memenuhi kriteria pemeringkatan bisa login di laman http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran. Saat pendaftaran siswa diwajibkan mengisi biodata, pilihan PTN dan program studi (siswa dapat memilih sebanyak 2 PTN dengan salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan sekolahnya dan memilih 3 program studi dengan ketentuan 1 PTN maksimal 2 program studi), mengunggugah pas foto (resmi dan terbaru) dan dokumen prestasi tambahan (sertifikat, piagam penghargaan, atau surat keterangan yang bisa dijadikan nilai tambah dan pertimbangan). Bagi pendaftar program studi seni dan olahraga wajib menggugah (upload) portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang disahkan oleh kepala sekolah. Terakhir, jangan lupa mencetak bukti pedaftaran SNMPTN 2018.

Jadwal Pelaksanaan SNMPTNLaman Resmi dan Panita Pusat

  1. Informasi resmi SNMPTN 2018 dapat diunduh melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  2. Informasi resmi dapat diakses melalui http://halo.snmptn.ac.id dan call center 0804 1 450 450.
  3. Informasi resmi juga dapat diperoleh di kantor Humas PTN terdekat.
  4. Alamat Panitia Pusat:

Gedung dr. Prakosa (Lt.2)

Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret

Jl. Ir. Sutami No 36A, Kentingan Surakarta 57126

Telp. 0271-7890329, Fax. 0271-636268

Email: panpus.snmptn.sbmptn@mail.uns.ac.id

(na)