Kabar Gembira! Kuota BOPTN Untuk Mahasiswa Kurang Mampu Naik Hingga 30%

boptn naikKanalMahasiswa.Com – Saat ini mempunyai mimpi untuk melanjutkan studi sampai pendidikan tinggi bukanlah sebuah hal yang mustahil bagi orang tidak mampu.

Sebagaimana dilansir oleh metronews, Menristek Dikti Muhammad Nasir menyampaikan bahwa Kuota mahasiswa tidak mampu di perguruan tinggi negeri bakal ditambah menjadi 30 persen. Mereka akan menerima bantuan keringanan biaya. Sebelumnya, Perguruan Tinggi Negeri memberikan kuota bebas biaya kuliah 20 persen bagi mahasiswa tidak mampu.

“20 persen ini belum cukup. Maka saya naikkan. Namun, secara materi lebih mampu dari yang 20 persen. 10 persen mahasiswa ini kita beri kemudahan untuk membayar murah, maksimal Rp1 juta satu semester,” ungkap Menristek Dikti Muhammad Nasir usai menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Inspektorat Jenderal Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (04/02/2016).

Sedangkan 70 persen mahasiswa sisanya diserahkan kepada rektor dan universitas untuk menentukan besarnya Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Menristek juga menekankan penambahan kuota ini harus dibarengi dengan  prinsip keadilan. Dia meminta para rektor di perguruan tinggi negeri untuk melakukan pengawasan, agar keringanan benar-benar diterima orang yang tepat.

“Jangan sampai banyak orang yang secara ekonomi mampu mendapat Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Jangan sampai ada orang kaya yang masuk baik dalam 20 persen maupun 10 persen itu. Kalau ada, saya perintahkan untuk ditarik. Itu hak untuk mahasiswa yang tidak mampu,” tegasnya.

Tags: