Passion Adalah Energi

passion

Mahasiswa adalah pelaku perubahan. Kita sudah mengenal arti mahasiswa yaitu zaman keemasan yang paling emas dari sejarah panjang perjalanan hidup manusia khususnya di indonesia. Pencampuran karakter, idealisme, pematangan konsep pola pemikiran, terejawantahkan dalam wujud mahasiswa. Para pemuda calon pelurus bangsa. Kita belajar banyak dari Bung Hatta yang menjadi pemikir luarbiasa pendamping soekarno dalam bekerja keras mewujudkan Indonesia dalam penjelmaan dari mimpi mimpi beliau bersama rakyat Indonesia. Soekarno yang masih menjadi sejarah hebat yang diakui hingga kini dalam ilmu leadership management nya. Terbukti seluruh rakyat Indonesia, generasi manapun pastilah akan mengenal siapa Soekarno itu. Kita juga perlu belajar kepada bung Sjahrir dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, menggaungkan kemerdekaan di dunia internasional. Namun berakhir mendekam dalam penjara di sebuah pulau di lautan Hindia. Dan kisah perjuangan Tan malaka sang pejuang kemerdekaan yang bergerilya di banten, Jakarta, Surabaya, purwokerto dan Yogyakarta yang pada akhirnya mati tertembak oleh bangsa sendiri. Kini, pastilah kita tidak akan merasakan hal seperti itu, kaum muda saat ini punya banyak cara untuk membangun Indonesia lebih baik.

 

Pembuka diatas bersifat sangat klasik jika kita membaca di tahun 2015. Mungkin bisa dibilang lumayan membosankan. Perlu kita garis bawahi mempunyai prinsip hidup bukan berarti kita menjadi orang yang superkaku. Ada hal hal yang bisa kita toleransi tanpa mengorbankan nilai nilai dalam hidup kita. Fenomena yang terjadi saat ini adalah permasalahan yang kompleks dari pelemahan KPK, pengkerdilan POLRI, Gubernur vs DPRD, Harga rupiah melemah, Harga beras, Gas dan kebutuhan pokok lain semakin naik. Membuat kita makin mengerutkan dahi. Membuat kita selalu jengah jika menyoroti kebijakan pemerintah yang tidak mendukung rakyat. Tapi kita perlu sadar akan kondisi saat ini. Kita tidak bisa terus menerus menjadi “generasi ngomel”. Membangun bangsa tidak perlu dengan dahi berkerut. Bukannya melarang marah marah dalam akun sosial media seperti twitter, facebook, path, instagram, dan lain lain. Tapi karena kita kaum muda, Kita harus berbuat.

Ini adalah gagasan saya yang tertuang dalam essay sederhana ini. Saya berpikir bahwa kaum muda saat ini bisa mewujudkan Indonesia lebih baik dengan passion. Dengan menemukan passionnya masing masing dan membangun komunitas dalam 1 latar belakang passion yang sama.

 

Passion adalah penyelarasan antara 3 hal yaitu emosi, kenikmatan dan kebermaknaan.

 

Passion adalah sumber energi besar yang berpendar. Dimana Energi ini memaksa melakukan aktifitas yang memenuhi ketiga aspek tersebut. Maka kita bisa menyebut bahwa tidur bukanlah passion karena hanya memenuhi aspek kenikmatan. Bermain game online berjam-jam juga bukanlah itu karena tidak memiliki aspek kebermaknaan. Hanya aspek kesenangan. Dengan gairahnya masing masing. Setiap manusia tercipta dengan kelebihan dan itu disenangi oleh dirinya sendiri. Karena sejatinya kita hidup berdasarkan hasil keputusan dan pemikiran sendiri.

 

Masa muda ini mencapai kondisi yang full tank dalam segala hal di bidang pengeksplorasian diri. Terlebih kita adalah pemilik jiwa muda yang masih memiliki semangat 1000% dalam hal optiisme. Kita mempunyai potensi yang besar, kekuatan yang besar jika kita sudah menemukan passion dalam diri. Maka selanjutnya tinggal bagaimana memfokuskan karya kita.

 

Dalam contoh sederhana jika passion kita dalam fotography maka kita akan mencintai bidang ini. Apapun yang kita lakukan mengenai kegiatan ini maka kita akan selalu bahagia bahkan bisa sampai lupa waktu. Kegiatan apapun terkait fotografi maka kita akan siap mengikutinya tanpa dibayar sekalipun. Kita bisa membangun Indonesia lewat passion fotografi dengan cara bisa memotret keindahan alam Indonesia dalam bingkai galeri. Memperkenalkan Indonesia kepada dunia lewat jejaring media sosial.

 

Contoh selanjutnya Jika kita suka memasak maka kita bisa menjadi chef handal dalam membuat masakan Indonesia yang kaya akan keanekaragaman rasa tiap daerahnya. Lalu dalam dunia animasi, banyak anak anak muda Indonesia yang sudah menharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Seperti film Transformer dan The Shrek adalah film yang animatornya berasal dari Indonesia. Lalu fenomena yang berkembang saat ini contoh passion di bidang edukasi sosial, ini akan terjun langsung ke masyarakat. Dan pastinya ini akan berpengaruh dan berdampak langsung ke masyarakat dan ada banyak cara yang menyenangkan untuk bisa membangun bangsa Indonesia.

Orang yang sudah menemukan passion nya. Maka dia tidak akan pernah merasa bekerja. Seorang penulis tidak akan merasa bekerja saat dia mencintai dunia tulis menulis. Energi terwujud dalam rupa Semangat, antusiasme dan bekerja maksimal, inilah kehebatan passion dalam diri manusia. Dan mahasiswa Indonesia perlu menyadari akan hal ini.

 

Menciptakan komunitas menurut saya menjadi solusi terbaik dalam membangun suatu karakter pemuda. Bisa dikatakan ini adalah proses pembinaan. adalah solusi sederhana yang bisa dilakukan oleh mahasiswa seluruh indonesia. Untuk menebar kekuatan, membangun kekuatan, memotivasi oranglain dan memberi manfaat lebih banyak pada lingkungan sekitar. Banyak komunitas komunitas kepemudaan yang menarik minat mahasiswa untuk bergabung. Seperti contoh YOT (Young On Top), AKSI (Anti Korupsi), Youthcare Indonesia, Asean Leaderpreneur Community, dan masih banyak lagi.

 

Untuk mengajak orang lain bergabung dalam komunitas kita, Perlu juga membangun komunikasi yang baik antar personal. Terlebih kita adalah mahasiswa yang menyandang gelar kaum intelektual. Maka sudah seyogyanya kita diwajibkan untuk memahami bagaimana membangun komunikasi yang menarik. Membuat orang lain di sekitar kita merasa nyaman di dekat kita. Dale Carnegie, pakar komunikasi massa tersohor di amerika mengatakan bahwa ada 4 cara kita berkomunikasi dengan dunia/publik. Yaitu : apa yang kita lakukan, bagaimana kita melihat, apa yang kita katakan, bagaimana kita mengatakannya. Sehingga menggunakan gaya bahasa yang menarik sewaktu berbicara dengan orang lain akan menumbuhkan ketertarikan orang lain terhadap kepribadian kita, sehingga kita mudah untuk mengajak orang lain untuk bergabung dalam komunitas kita.

 

Jika total mahasiswa di Indonesia ada 20.000.000 orang. Dan setiapnya mempunyai atau memegang 5 orang untuk bergerak atau berkarya dalam 1 passion. Maka total SDM yang berkarakter diindonesia menjadi 100.000.000 orang. Jumlah yang fantastis. Maka yakin bahwa permasalahan terkait karakter bangsa Indonesia akan bisa terselamatkan dalam jangka waktu kedepan.

 

Ada suatu proses bagaimana dari 1 orang yang memiliki passion kuat untuk bisa bertemu orang lain untuk bergabung dalam komunikasi untuk bergabung dalam komunitas yang sedang kita bangun. Membangun komunitas artinya membangun kekuatan dalam 1 passion yang sama menciptakan karya untuk mengharumkan nama bangsa.

 

Mahasiswa Indonesia harus segera menemukan Passion dan bangun komunitas!

 

 

Erwin Djamaluddin

Ketua BEM PNJ 2014-2015

Rate this article!
Passion Adalah Energi,5 / 5 ( 1votes )
Tags: