Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Telah Dibuka

Beasiswa. Sebuah kata yang sudah sangat tidak asing lagi bagi sebagian dari kita bukan? Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, beasiswa memiliki arti sebagai tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Apabila kita lihat dari sumber pembiayaan, ada lima jenis beasiswa, diantaranya: beasiswa dari pemerintah, beasiswa dari pihak swasta, beasiswa dari negara maju atau donor internasional, beasiswa dari organisasi, komunitas, atau yayasan, dan terakhir beasiswa perguruan tinggi.

Berbicara mengenai beasiswa, sebagian dari kita pasti tidak asing lagi dengan beasiswa yang satu ini, “Bidikmisi”. Bidikmisi sendiri merupakan beasiswa bantuan biaya pendidikan. Berbeda dari beberapa beasiswa lain yang berfokus untuk memberikan penghargaan ataupun dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, Bidikmisi sendiri lebih fokus kepada mereka yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi. Penjelasan ini terdapat pada UU No. 12 Tahun 2012 Pasal 76 tentang Pendidikan Tinggi, dimana Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau Perguruan Tinggi berkewajiban memenuhi hak mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi untuk dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan peraturan akademik, yang dilakukan dengan cara memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, bantuan atau membebaskan biaya pendidikan, pinjaman dana tanpa bunga yang wajib dilunasi setelah lulus dan/atau memperoleh pekerjaan.

Apa saja syarat pendaftaran Bidikmisi? Adapun beberapa syarat pendaftaran Bidikmisi seperti: usia maksimal pendaftar 21 tahun, tidak mampu secara ekonomi, pendidikan terakhir orang tua/wali setinggi-tingginya Strata 1 atau Diploma 4, memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah, pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan beberapa ketentuan.
Untuk lebih lengkapnya kalian dapat mengunjungi situs resmi Bidikmisi atau klik tautan berikut: http://bit.ly/SyaratBidikmisi

Pendafatran Bidikmisi sendiri telah dibuka sejak 15 Januari 2018, bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti Bidikmisi, segera penuhi persyaratan dan daftarkan diri melalui situs resminya. Salam Berprestasi. (frz)