Pergantian Nama Beberapa Prodi, UNJ Benahi Diri

Sumber Gambar: Google

 

Universitas Negeri Jakarta nampaknya sedang rajin berbenah. Bermula dari mencuatnya isu plagiarisme dan dugaan KKN yang dilakukan oleh mantan rektor, Prof. Djaali pada 2017 lalu, kampus hijau pun punya rektor sementara yang berjanji untuk bersihkan nama almamater keguruan. Masih panas menjadi bahan perbincangan mahasiswa ketika beredar berita mengenai turunnya akreditasi kampus yang semula A menjadi B. Berlakunya akreditasi tersebut hingga tahun 2020 mendatang semakin membuat banyak pihak bertanya-tanya, adakah korelasinya dengan kasus-kasus yang membuat diberhentikannya Prof. Djaali?

Baca: http://kanalmahasiswa.com/akreditasi-unj-turun-mahasiswa-kenapa/

Kini beredar Surat Keputusan Rektor No. 1714/SP/2017 tentang Perubahan Nama Program Studi di Lingkungan Universitas Negeri Jakarta, yang kembali menjadi bahan diskusi mahasiswa karena terkesan tanpa pemberitahuan awal atau penyuluhan lebih dulu. Bahkan banyak mahasiswa yang tidak mendapat info langsung dari Kepala Prodi-nya, melainkan dari media sosial atau grup-grup online messangers. Berikut adalah daftar nama Prodi yang berganti nama:

  1. Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (FBS) menjadi Pendidikan Tari
  2. Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (FBS) menjadi Pendidikan Musik
  3. Pendidikan Tata Boga (FT) menjadi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner
  4. Pendidikan Tata Busana (FT) menjadi Pendidikan Vokasional Desain Fashion
  5. Pendidikan Tata Niaga (FE) menjadi Pendidikan Bisnis
  6. Pendidikan Tata Rias (FT) menjadi Pendidikan Vokasional Tata Rias
  7. Pendidikan Teknik Bangunan (FT) menjadi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan
  8. Pendidikan Teknik Elektro (FT) menjadi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro
  9. Pendidikan Teknik Elektronika (FT) menjadi Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika
  10. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (FT) menjadi Pendidikan Informatika
  11. Pendidikan Tekik Mesin (FT) menjadi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
  12. Transportasi (FT) menjadi Manajemen Pelabuhan
  13. Pendidikan Luar Sekolah (FIP) menjadi Pendidikan Masyarakat
  14. Sistem Komputer menjadi Ilmu Komputer

 

Dalam surat tersebut, tertulis bahwa perubahan nama Prodi dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kelancaran penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan UNJ dan sejalan dengan penataan kelembagaan Program Studi yang dilakukan dengan standarisasi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 257/M/KPT/2017 tentang nama Program Studi Perguruan Tinggi pun menjadi salah satu pertimbangan adanya penyesuaian nama Prodi di UNJ.

Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai informasi ini. Daftar nama Prodi yang berganti nama pun belum seluruhnya diketahui mahasiswa walaupun surat tersebut telah ditetapkan sejak 28 November 2017. Namun diharapkan ini merupakan salah satu langkah dari Prof. Intan Ahmad, Ph.D selaku Pelaksana Tugas Harian Rektor UNJ dalam mengembalikan nama baik UNJ sebagai lembaga pendidikan yang sempat tercoreng. (lmi)